Rabu, November 13
Shadow

PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING DALAM PEMASARAN PRODUK ATAU JASA PADA PEMBELAJARAN PRODUK KREATIF KEWIRAUSAHAAN

Kemajuan teknologi informasi saat ini berperan sangat penting dalam kehidupan masyarakat  , dengan menguasai teknologi informasi ,masyarakat memiliki modal yang untuk bias bersaing dalam persaingan global, informasi merupakan modal utama dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang perekonomian,di sisi lain belum semua pelaku usaha yang mengenal teknologi informasi ,karena adanya beberapa factor seperti saran internet yang belum menjangkau semua wilayah.hal ini menjad suatu tantangan bagi pelaku usaha.

Gambar: Contoh pada media sosial Instagram

Dalam pemanfaataan teknolgi informasi ini digunakan didalam pembelajaran Produk kreatif kewirausahaan yaitu dalam materi pemasaran produk atau jasa, siswa memanfaatkan platform media social khususnya sebagai sarana promosi produk atau jasa yang dihasilkan dikenal dengan istialh kewirausahaan berbasis digital yaitu pemanfaatan dalam bidang teknologi di mana keahlian yang dibutuhkan tak lagi hanya wirausaha, tetapi juga pengetahuan akan teknologi mutakhir. Istilah ini bisa dibilang baru dan kian populer bersama dengan berkembangnya teknologi.

Langkah pertama yang dlakukan siswa adalah membuat riset pasar yatu untuk mengetahui produk atau jasa yang dihasilkan ini sedang tren di masayrakat atau tidak juga untuk mengetahui target konsumen.

Langkah kedua siswa membuat media promosi dengan membuat poster, pamflet dengan bantuan menggunakan aplikasi canva , membuat konten video berdurasi singkat produk atau jasa yang dhasilkan.

Langkah ketiga memanfaatkan digital marketing dalam pemasaran produk, siswa membuat akun media social untuk usaha mereka Media social yang digunakan untuk pemasaran produk diantaranya facebook, intagram dan tiktok, siswa sangat antusias dalam membuat konten –konten yang berisi promosi produk atau jasa yang telah dihasilkan.

Langkah keempat memberikan pengalaman berbelanja yang bak bagi pelanggan dengan memberikan kemudahan saat melakukan transaksi pembelian dan memberikan testimoni atau penilaian pelanggan terhadap produk atau jasa yang dihasilkan untuk memperbaiki produk atau jasa kedepannya.

Pembelajaran dengan memanfaatkan media digital ini sangat menarik bagi siswa dan meningkatkan minat siswa dalam berwirausaha.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *