Kamis, Desember 8
Shadow

BENCHMARKING SMK NEGERI 1 PRACIMANTORO WONOGIRI DAN WORKSHOP PENYUSUNAN DOKUMEN TATA KELOLA BLUD DI SMK NEGERI 2 MALANG

Wonogiri_ SMK Negeri 1 Pracimantoro membawa 33 personel guru dan tenaga kependidikan untuk benchmarking dan belajar menyusun dokumen Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) secara langsung ke SMK Negeri 2 Malang pada 10 Oktober 2022. Oleh karena Jawa Timur merupakan provinsi yang menjadi pelopor dalam hal satuan pendidikan yang telah lebih dulu menerapkan tata kelola BLUD SMK. Maka, tidak heran jika kemudian di sana dijadikan rujukan belajar atau studi tiru bagi beberapa sekolah PK yang ada di Jawa Tengah. SMK Negeri 2 Malang sendiri menjadi salah satu sekolah menengah kejuruan di provinsi Jawa Timur yang telah menerapkan tata kelola BLUD sejak tahun 2018.

Kegiatan ini diawali dengan kunjungan di berbagai unit produksi dan teaching factory SMK Negeri 2 Malang yaitu; edOTEL, Sumitra Kelana Wisata Tour & Travel, K2 Café, K2 Laundry, KADOEA Senior Living, Taman Sosialisasi Anak (TSA) Samuphahita, dan Pendidikan Inklusif. Kemudian, rombongan dari SMK Negeri 1 Pracimantoro mendapatkan pemaparan dari kepala sekolah dan tim yang dalam hal ini menyampaikan implementasi tata kelola BLUD di SMK Negeri 2 Malang. Badan Layanan Umum Daerah sendiri memiliki pengertian sebagai instansi di lingkungan Pemerintah Daerah yang dibentuk untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat berupa penyediaan barang dan/atau jasa yang dijual tanpa mengutamakan mencari keuntungan dan dalam melakukan kegiatannya didasarkan pada prinsip efisien dan produktivitas.

Dalam sambutannya, Kepala SMK Negeri 2 Malang Drs. Hari Mulyono, M.T. menegaskan bahwa MKKS baik tingkat kabupaten maupun provinsi untuk sama-sama mencoba membangun bagaimana sekolah PK itu nanti bisa menjadi BLUD. Menurutnya, sistem pembelajaran teaching factory itu harus bisa menghasilkan dan orientasinya bukanlah semata-mata uang, melainkan pembelajaran bagi peserta didik sebagai core-nya. Kemudian, paparan terkait penyusunan dokumen dan tata kelola sekaligus best practice BLUD SMK Negeri 2 Malang disampaikan oleh wakil kepala sekolah Bidang Kurikulum Zulqoidah, S.Kom.

“Dua hal yang nanti akan saya sampaikan yang pertama adalah arahan dari direktorat bahwa seluruh SMK PK harus melaksanakan satu kegiatan penyusunan dokumen administrasi BLUD. Berikutnya, akan saya paparkan best practice pengaplikasian tata kelola BLUD di SMK Negeri 2 Malang. Keunggulan SMK yang sudah BLUD sendiri adalah yang pertama meningkatkan pelayanan publik. Dengan kata lain, kita sebagai guru juga harus meningkatkan kompetensi peserta didik karena produk maupun jasa hasil tefa dan unit produksi akan berhubungan langsung dengan publik. Kemudian, efisiensi anggaran. Mengapa? Karena SMK yang sudah BLUD wajib hukumnya untuk melakukan perencanaan efisiensi anggaran agar bisa mengakomodir semua. Berikutnya, otonomi pengelolaan keuangan. Semua dikelola oleh sekolah dan disetorkan pada bendahara penerimaan sekolah. Dan yang terakhir, siswa jadi produktif dan kompeten itu pasti yang akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan guru dan infrastruktur sekolah”. terang Zulqoidah, S.Kom.

+5
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *