Minggu, Oktober 2
Shadow

HADIRI WORKSHOP SOSIALISASI IKM DI SMK NEGERI 1 PRACIMANTORO WONOGIRI, KADISDIKBUD PROVINSI JATENG TEKANKAN PENTINGNYA MASA DEPAN PENDIDIKAN VOKASI

Wonogiri ­_ SMK Negeri 1 Pracimantoro menghadirkan Dr. Uswatun Hasanah, M.Pd Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah untuk menjadi pembicara dalam workshop sosialisasi Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) skema lanjutan SMK Pusat Keunggulan. Kegiatan ini diselenggarakan pada Jumat, 9 September 2022 bertempat di ballroom SMK Negeri 1 Pracimantoro. Hadir sebagai narasumber lainnya yaitu kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VI Drs. Sunarno, M.Pd. Kemudian, perwakilan dari DUDI yaitu Agus Budiono selaku ketua Dewan Perwakilan Daerah Indonesian Hotel General Manager (DPD IHGM) Daerah Istimewa Yogyakarta yang sekaligus menjabat sebagai General Manager The Cube Hotel Yogyakarta.

Dalam kesempatan yang baik tersebut, Dr. Uswatun Hasanah menekankan pentingnya masa depan pendidikan dunia vokasi di dalam menghadapi tantangan globalisasi. Menurutnya, Provinsi Jawa Tengah (khususnya bila berbicara mengenai wilayah kabupaten Wonogiri) masih banyak yang berada di zona merah, sehingga masuk dalam kategori desa-desa binaan. Apabila angka kemiskinan masih tinggi, maka tingkat kecerdasannya-pun makin rendah. Sehingga, skema bantuan yang diperlukan bukan lagi soal bagaimana mereka dapat bertahan hidup, akan tetapi tentang bagaimana mereka dapat berpikir hidup dalam jangka panjang.

“Beri kailnya, beri pengetahuan, keterampilan, pemahaman agar saat anak-anak nanti lulus tidak hanya berpikir soal uang dan uang. Ada yang ternyata sebenarnya belum siap masuk dunia kerja dan berkeinginan untuk melanjutkan. Maka yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu adalah mentalnya”. terangnya.

Otomatisasi dalam dunia kerja dan industri merupakan ancaman bagi pendidikan vokasi. Akan dibawa kemana lulusannya bila banyak bidang pekerjaan digantikan oleh robot. Sehingga luaran dari SMK diharapkan tidak hanya dapat bekerja saja, tetapi juga ada wawasan untuk melanjutkan studi dan atau mampu berwirausaha.

0
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *