Sabtu, Agustus 13
Shadow

KOMINFO GANDENG GRADASI ROADSHOW DIGITALALISASI PENDIDIKAN KE SMK NEGERI 1 PRACIMANTORO WONOGIRI BAWAKAN TEMA KONTEN KREATIF UNTUK CITRA DIRI DAN MEDIA PROMOSI SEKOLAH

Wonogiri _ SMK Negeri 1 Pracimantoro antusias menyambut kedatangan Tim Kementerian Komunikasi Dan Informatika (KOMINFO) dan Generasi Digital Indonesia (GRADASI) dalam sosialisasi literasi digital dengan tema konten kreatif untuk citra diri dan media promosi sekolah. Kegiatan tersebut terbagi menjadi 2 tempat yaitu secara langsung untuk peserta didik kelas X di Aula Graha Wisata dan juga secara daring bagi seluruh peserta didik kelas XI dan XII. Dengan dimoderatori oleh Ratna Puspitasari, S.IP. acara tersebut diisi oleh tiga pembicara yaitu Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Pracimantoro Wonogiri Putra Jaya, S.Pd., M.T., Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VI Provinsi Jawa Tengah Drs. Sunarno, M.Pd. dan Pandu Digital GRADASI Wonogiri yaitu Dwi Suswatiningsih, S.E.

“Anak-anak semua punya ini kan?” tanya Putra Jaya, S.Pd., M.T sambil menunjukkan handphone pada seluruh audience dalam membuka paparannya. Menurutnya, literasi digital sangat penting bagi peserta didik. Dijelaskan bahwa melalui perangkat inilah kita bisa mengakses informasi hanya dalam hitungan detik. Kita bisa memanfaatkannya juga untuk berkomunikasi dengan orang lain di manapun, kapanpun. Kita bisa membuat konten-konten kreatif untuk kepentingan dalam mencitrakan diri maupun sebagai media promosi sekolah. Namun, dibalik segala manfaat yang ditawarkan, sebagai pengguna kita juga harus cerdas dan berhati-hati. Pastikan apa yang kita buat dan bagikan tersebut bersifat positif, aman, dan tidak membuat jejak digital menjadi buruk di kemudian hari.

SMK Negeri 1 Pracimantoro sendiri telah melekat dengan kegiatan digitalisasi sekolah dalam hal ini pembuatan konten-konten kreatif sebagai upaya untuk media promosi atau branding sekolah. Mulai dari konten video di kanal YouTube, Tik Tok, laman Instagram, Web, Facebook dll. Sehingga, melalui kegiatan ini diharapkan semua peserta didik dapat lebih tergerak lagi untuk kreatif membuat konten yang positif dan juga aman bagi citra diri maupun sekolah. Itulah pentingnya literasi digital yang perlu terus digaungkan pada diri peserta didik. Senada dengan paparan dari Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VI Drs. Sunarno, M.Pd dalam video yang telah direkam sebelumnya.

“Bahwa di era teknologi serba modern ini, peserta didik SMK harus mampu memahami setidaknya tentang literasi numerasi, literasi teknologi/digital, literasi finansial dan literasi budaya. Teknologi itu ibarat pisau tajam. Bisa dipakai untuk memotong sayur-sayuran di tangan orang baik, namun juga bisa dipakai untuk memotong leher manusia di tangan kriminal. Sebagai generasi muda hendaknya bisa memahami dan menguasainya sehingga apa yang didapatkan adalah manfaat positifnya”. tegas Drs. Sunarno, M.Pd. Kemudian, acara inti disampaikan oleh Pandu Digital GRADASI Wonogiri yaitu Dwi Suswatiningsih, S.E yang menekankan pada keamanan di perangkat digital dan jejak digital.

“Keamanan dalam perangkat digital sangat penting demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti contohnya kejahatan phising yang mencuri data pribadi melalui link yang disebar. Sehingga, hari ini kita akan belajar apa saja jenis-jenis pengamanan dalam perangkat digital. Kemudian, kita juga perlu memperhatikan jejak digital yang telah kita buat. Ini merupakan sejarah hidup kita. Kita bisa menciptakan sendiri sejarah kita dengan melakukan yang terbaik hari ini. Bisa dikatakan bahwa jejak digitalmerupakan portofolio atau citra diri kita yang akan dilihat atau dinilai ketika kita akan melamar kerja di suatu perusahaan nanti”. tandasnya.

+3
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *