Senin, Mei 23
Shadow

Pertajam Wawasan Bidang Hospitality, SMK Negeri 1 Pracimantoro Bekali Peserta Didik dengan Praktik Table Manner

Pesera didik SMKN 1 Pracimantoro sedang praktik etika jamuan makan resmi/ table manner di golden ballroom hotel Platinum Adisucipto Yogyakarta

Wonogiri_SMKN 1 Pracimantoro_Sejumlah 149 peserta didik kelas XII program keahlian Tata Boga dan Perhotelan mengikuti kegiatan praktik etika pada jamuan makan resmi atau table manner di Platinum dan Lynn Hotel by Horison Yogyakarta (15/12/2021).

Praktik table manner sendiri merupakan agenda rutin SMK Negeri 1 Pracimantoro. Sebelumnya, program ini diselenggarakan pada peserta didik kelas X sebagai bentuk pengenalan terhadap DUDI. Namun, adanya pandemi 2 tahun terakhir ini, mengakibatkan kegiatan tersebut diundur hingga peserta didik naik di kelas XII. Acara ini berlangsung di dua tempat yang berbeda yaitu di Platinum Adisucipto untuk kompetensi keahlian Tata Boga, sedangkan untuk Perhotelan diselenggarakan di Lynn Hotel by Horison Yogyakarta. Dengan catatan, mematuhi protokol kesehatan yang ketat dan sesuai dengan standar pengelola hotel.

Pesera didik SMKN 1 Pracimantoro sedang praktik etika jamuan makan resmi/ table manner di Lynn Hotel by Horison Yogyakarta

Pada kesempatan yang baik itu, peserta didik mendapat bimbingan tentang bagaimana cara atau etika jamuan makan resmi mulai dari cara duduk, menggunakan alat makan sampai pada pengetahuan tentang dish/product knowledge secara langsung dari FB manager hotel Platinum (Angga Aditya), head chef (Panca Nugraha) beserta asistennya dan juga salah seorang barista.

“Karena yang ada di sini semua adalah calon chef-chef yang handal, maka kunci menjadi seorang chef yang handal adalah pantang menyerah! Jangan sampai nanti ketika bekerja dibentak sedikit langsung pulang. Untuk diketahui, bahwa ada satu daerah di Pracimantoro yang terkenal mayoritas profesinya adalah sebagai cook / chef.” tutur chef Panca membakar semangat para peserta didik.

Chef Panca sedang memberikan motivasi, materi table manner, product knowledge dan quiz pada peserta didik SMKN 1 Pracimantoro

Kegiatan table manner merupakan acara inti, namun peserta didik diajak untuk tour hotel terlebih dahulu sebagai pengayaan wawasan tentang room dan berbagai fasilitas yang ada di hotel. Selain itu, mereka juga mendapatkan pengetahuan dan pengalaman lain seperti; demo ukir buah atau carving fruit dan bar tanding membuat mocktail (pada program keahlian Tata Boga) serta making bed dan animal towel (untuk Perhotelan) di akhir sesi.

Peserta didik program keahlian Tata Boga mengikuti sesi tour Platinum hotel
Tulus Pramono (kanan) salah satu peserta didik SMKN 1 Pracimantoro juara lomba v-factor 15 besar tingkat nasional dirjen vokasi ikut berpartisipasi dalam demo carving fruit dengan chef Panca dan asistennya.
Demo making bed dan animal towel untuk peserta didik program keahlian Perhotelan
Peserta didik program keahlian Perhotelan dan pendamping bersama staff Lynn hotel by Horison Yogyakarta
Peserta didik program keahlian Tata Boga dan pendamping bersama staff Platinum hotel Yogyakarta

Sehingga, dapat disimpulkan bahwa kegiatan table manner ini mampu memantabkan atau menajamkan pengetahuan dan keterampilan peserta didik dalam Dunia Usaha Dan Dunia Industri (DUDI) bidang hospitality (di samping kegiatan lain seperti; PKL, mengundang guru tamu, dll) tentunya.

Lebih lanjut, praktik etika perjamuan makan resmi bersama ini akan bermanfaat pada kehidupan pergaulan bisnis dan sosial peserta didik setelah lulus nanti. Sebab, kegiatan ini mendatangkan banyak insight baru juga pengalaman bermakna atau contextual learning bagi mereka.

0
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *