Kamis, Desember 8
Shadow

Sertifikasi Uji Kompetensi untuk Lompatan Standarisasi Baru SMKN 1 Pracimantoro

WONOGIRI, SMKN 1 Pracimantoro sukses memfasilitasi kegiatan sertifikasi Uji Kompetensi Sektor Pariwisata bagi peserta didiknya. Sebanyak 101 peserta kelas XII dari jurusan Perhotelan dan Boga antusias mengikuti ujikom tersebut. Bertindak selaku asesor yaitu tim Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Gunadharma Utama dan ASDEP Pengembangan SDM Pariwisata dan Hubungan Antar Lembaga (8-9/11).

Penyelenggaraan ujikom ini selaras dengan program revitalisasi SMK yang telah dicanangkan oleh presiden Joko Widodo melalui Inpres Nomor 9 Tahun 2016 yang menuntut peningkatan mutu pendidikan untuk menghadapi tantangan revolusi industri 4.0. Mengingat salah satu dari prioritas pembangunan nasional adalah sektor Pariwisata, maka SMKN 1 Pracimantoro sigap menyikapi hal ini dengan sebelumnya telah menjalankan Teaching Factory dan juga program Sekolah Pendukung Pariwisata sejak September 2018 lalu.

Sehingga, peserta didik tamatan dari SMKN 1 Pracimantoro diharapkan mampu dan kompeten dengan bekal sertifikat kompetensi juga pengalaman yang banyak dari kegiatan ini.

SMKN 1 Pracimantoro memiliki Tempat Uji Kompetensi (TUK) sendiri yaitu di lab Carani Edutel untuk jurusan Perhotelan dan Boga kitchen and resto untuk jurusan Boga yang mana gedung tersebut telah diresmikan oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah pada awal Februari 2018 yang lalu.

Kompetensi yang diujikan untuk program keahlian Perhotelan adalah room attendant yang meliputi; tes tertulis, make up room dan bathroom, dusting, vacumming dan terakhir interview. Sedangkan untuk program keahlian Boga yang diujikan yaitu; membuat hidangan appetizermain course, dan dissert.

“Sejauh ini peserta Ujikom dari SMKN 1 Pracimantoro dapat dikatakan kompeten.” Tegas Dominggus Mia Kurniawan salah seorang asesor dari LSP Gunadharma yang juga selaku ketua BPD IHK Provinsi Jawa Tengah.

Selamat! Hasil dari ujikom tersebut menyatakan bahwa peserta didik SMKN 1 Pracimantoro yang mengikuti ujikom dinyatakan kompeten pada bidang keahliannya masing-masing. Hebat! (red:ibet)

Artikel ini telah tayang pada site https://ibetland.wordpress.com/2018/11/09/sertifikasi-uji-kompetensi-untuk-lompatan-standarisasi-baru-smkn-1-pracimantoro/

Penulis : Ibet

0
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *