Sabtu, Agustus 13
Shadow

SMK Negeri 1 Pracimantoro didampingi UNNES Gaet Mentor Entrepreneur asal Surakarta dalam FGD ‘Prospek Lulusan SMK PK’

Wonogiri, SMK Negeri 1 Pracimantoro _ Forum Group Discussion (FGD) bertema Prospek Lulusan SMK PK diselenggarakan selama dua hari di aula SMK Negeri 1 Pracimantoro bersama UNNES sebagai Perguruan Tinggi pendamping SMK PK. Setelah sehari sebelumnya menghadirkan Suparno owner dari Parnaraya Group, kali ini milyader asal kota bengawan yaitu Amen T Widyo hadir untuk lebih menguatkan mindset entrepreneur pendidik dan tenaga kependidikan. (23/11/2021)

Dalam mentoring tersebut, Amen menjabarkan bagaimana Sukses Menjadi Wirausaha. Sebelumnya, pria yang dahulu pernah menjadi dosen PNS di salah satu Perguruan Tinggi ini mengaku dua jam setelah selesai mengikuti workshop tentang wirausaha saat itu langsung memutuskan untuk menanggalkan profesi idaman bagi sebagian orang tersebut. Mengapa?

Amen T Widyo memaparkan kisah awal mula jadi pengusaha

“Jika ingin kaya, jadilah pengusaha. Jangan jadi karyawan” ungkap Amen.

Hal ini selaras dengan pernyataan Dirjen Vokasi Wikan Sakarinto bahwa output atau lulusan SMK diharapkan mengalami pergeseran dari sebelumnya BMW menjadi WBM (Wirausaha, Bekerja, Melanjutkan). Guru harus mampu memberi motivasi, membekali ilmu dan menanamkan jiwa wirausaha bagi peserta didik dalam pembelajaran di kelas.

Pertama, yang perlu ditanamkan pada diri peserta didik adalah mental wirausaha. Bagaimana memperkuat mental wirausaha adalah dengan kesadaran adanya Law of Attraction (LoA) atau hukum tarik menarik. Keyakinan bahwa kita bisa dan mampu sejak dalam pikiran/otak kanan.

“Saya mengundurkan diri dari PNS tanpa tahu mau buat usaha apa. Tapi harus yakin dan optimis kuncinya. Melatih keyakinan/optimisme peserta didik ini dapat dilakukan dengan memahami cara kerja pikiran dalam meraih kesuksesan melalui aktifitas tertentu yang bisa dimunculkan pada kegiatan pembelajaran di kelas.” terang Amen.

peserta FGD antusias mengikuti mentoring

Kemudian, Amen juga menjelaskan tentang cashflow quadrant. Sebuah teori yang telah lama dicetuskan oleh Robert T Kiyosaki. Di mana, sebagian besar audience dan lulusan SMK tentunya masih berada pada kuadran Employee (karyawan) dan self employed (usaha kecil yang dijalankan sendiri). Dalam kesempatan langka itu pula, Amen membagikan rahasianya bisa sukses di kuadran Bisnis Owner dan Investor. Tidak heran jika kini Amen telah memiliki banyak usaha seperti hotel, villa, kuliner dan properti lainnya.

Harapannya, dari kegiatan ini akan semakin menajamkan jiwa entrepreneur baik pendidik maupun peserta didik. Sehingga lulusan SMK Negeri 1 Pracimantoro dapat menjawab permasalahan atau tantangan ekonomi ke depan.

0
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *