Sabtu, Agustus 13
Shadow

UPAYA MEWUJUDKAN PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA, SMK NEGERI 1 PRACIMANTORO WONOGIRI GAET TNI GEBER LATIHAN PBB BAGI PESERTA DIDIK BARU TA 2022/2023

Wonogiri _ SMK Negeri 1 Pracimantoro sukses selenggarakan rangkaian Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) tahun ajaran 2022/2023 pada Senin 11 Juli 2022 sampai dengan Rabu 13 Juli 2022. Dengan rincian jumlah peserta didik laki-laki sebanyak 113 dan perempuan sebanyak 207 total peserta yang mengikuti kegiatan MPLS adalah 320 anak. Tema yang dipakai dalam giat MPLS tersebut adalah “Bangkit, Berlari Menggapai Prestasi dan Perwujudan Profil Pelajar Pancasila”. Kegiatan berlangsung dari pukul 07.00 WIB sampai 15.30 WIB dengan memedomani Surat Edaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah nomor 420/16699 tentang Kegiatan Pembelajaran dan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) pada satuan Pendidikan SMK di provinsi Jawa Tengah tahun ajaran 2022/2023.

Salah satu kegiatan yang membentuk sikap disiplin peserta didik baru SMK Negeri 1 Pracimantoro selama masa MPLS adalah sehari Bersama TNI berlatih Peraturan Baris Berbaris (PBB). Dengan mendatangkan tim Komando Rayon Militer Kecamatan Pracimantoro yang dimotori oleh Serma Didik S, beserta anggota lainnya Serda Samsu A dan Serda Ishak pelaksanaan kegiatan tersebut berlangsung khidmat penuh semangat. Meski cuaca sedang panas – panasnya, tidak mengurangi antusiasme peserta didik dalam mengikuti aba-aba dari bapak – bapak TNI yang menggelora.

“Kegiatan ini sangat penting untuk diikuti setiap peserta didik baru agar mental dan fisiknya terlatih untuk siap siaga dan disiplin di lingkungan sekolah maupun di industri kelak. Agar mereka mampu beradaptasi dengan cepat di SMK Negeri 1 Pracimantoro yang notabene sangat berbeda dengan SMP. Di sini kita biasakan datang sekolah lebih awal. Pukul 7 pagi sudah siap dengan literasi Alquran atau kitab suci di kelas. Sholat dhuhur dan ashar berjamaah di masjid tepat waktu. Membiasakan diri menabung dan dianjurkan membawa bekal sendiri dari rumah setiap hari. Semua itu agar mereka terbentuk menjadi pelajar yang berkarakter Profil Pelajar Pancasila” papar Putra Jaya.

+4
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *