Kamis, Desember 8
Shadow

WORKSHOP BERBAGI PRAKTIK BAIK KEPALA SMKN 1 BAWEN SEMARANG DI SMKN 1 PRACIMANTORO WONOGIRI

Wonogiri_SMK Negeri 1 Pracimantoro gelar workshop praktik baik (best practice) dengan menghadirkan Kepala SMK Negeri 1 Bawen Semarang Nana Mulyana, S.P., M.Si. pada Kamis 17 November 2022 di gedung aula (ballroom) Graha Wisata. Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian SMK PK skema lanjutan sebagai wadah untuk belajar mengenai tata kelola sekolah (Takola) dan perubahan mindset (Mindset Chenge) bagi seluruh pendidik dan tenaga kependidikan di SMKN 1 Pracimantoro. Mengapa pilihan dijatuhkan pada SMKN 1 Bawen? Tidak bisa dipungkiri bahwa sekolah tersebut sudah lama menjadi rujukan bagi sekolah-sekolah lain di nusantara baik dalam maupun luar pulau Jawa.

Suksesi sebuah sekolah yang menjadi embrio sekolah Pusat Keunggulan tidak terlepas dari peran pucuk pimpinannya. Nana Mulyana, S.P., M.Pd. tidak hanya berperan sebagai kepala sekolah namun juga motivator bagi GTK (Guru dan Tenaga Kependidikan) di SMKN 1 Bawen dan sekaligus juga aktif sharing praktik baik ke berbagai sekolah (keliling Indonesia). Menurut Nana Mulyana, S.P., M.Pd. pembinaan GTK yang bersifat religious merupakan hal yang fundamental dalam menciptakan ekosistem belajar yang baik. Kegiatan pembinaan GTK tersebut terdiri dari cara berpakaian, good habit, memulai hari dengan membaca Al-Quran dan Gerakan saling mendoakan antar warga sekolah. Oleh karena keteladanan dari GTK yang baiklah, maka dapat terbentuk peserta didik yang baik pula. Sebab satu keteladanan jauh lebih baik dari seribu nasihat.

Berikutnya, pembinaan pada peserta didik yang juga bersifat religious. Seperti; ada siswa terlambat diminta untuk istigftar 10 kali dan hafalan surat pendek, gerakan 5S (senyum, sapa, salam, sopan dan santun), literasi Alquran, dan alih-alih memberikan poin dan punishment atas kenakalan atau pelanggaran siswa, dirinya mengarahkan agar pemutihan poin buruk tersebut dengan poin kebaikan.

0
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *