Sabtu, Agustus 13
Shadow

SMK PUSAT KEUNGGULAN (PK) NEGERI 1 PRACIMANTORO WONOGIRI TERIMA KUNJUNGAN STUDI TIRU SMK NEGERI 1 GIRITONTRO

Wonogiri _ SMK Negeri 1 Pracimantoro menerima kunjungan segenap jajaran pendidik dan tenaga kependidikan SMK Negeri 1 Giritontro Wonogiri dalam rangka studi tiru SMK Pusat Keunggulan (PK) pada Rabu 6 Juli 2022.  Kegiatan tersebut diselenggarakan dengan tujuan agar mencapai suatu komitmen bersama dalam merubah mindset seluruh warga sekolah menuju SMK Pusat Keunggulan (PK) tahun 2022. Adalah suatu keniscayaan bahwa upaya untuk melakukan perubahan mindset merupakan sebuah langkah awal menuju SMK Pusat Keunggulan. Bahkan, saat ini perubahan pola pikir tersebut sudah diharapkan ada pada taraf growth mindset atau mindset tumbuh dan meninggalkan fixed mindset atau mindset tetap. Mengapa demikian? Sebab tenaga pendidik dan kependidikan SMK harus bisa menyesuaikan diri dengan tuntutan zaman (kaitannya mau dibawa ke mana peserta didik ini nanti/standar kompetensi lulusannya).

Growth mindset sendiri meyakini bahwa kompetensi, skill, bahkan kecerdasan setiap manusia dapat ditingkatkan melalui proses pembelajaran. Dalam hal ini penguatan hard skill dan soft skill yang selaras atau link and match 8+1 dengan dunia industri dan pembelajaran yang berbasis project/riil dengan dunia kerja atau industri mutlak perlu dilakukan. Oleh karena itu, pendidik dan peserta didik diharapkan sama-sama mampu melihat perubahan-perubahan tersebut sebagai tantangan untuk bisa terus belajar dan beradaptasi bukan malah sebaliknya. Seperti diketahui bersama bahwa Putra Jaya, S.Pd., M.T kepala SMK Negeri 1 Pracimantoro pada tahun ini juga ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala SMK Negeri 1 Giritontro, Wonogiri.

“SMK Negeri 1 Pracimantoro sebagai SMK Pusat Keunggulan dengan Kurikulum Merdeka-nya siap berbagi tentang pengembangan SMK PK bagi SMK Negeri 1 Giritontro. Hari ini kita akan belajar bersama dan berbagi contoh lingkungan yang nyaman secara fisik dan psikis untuk belajar bagi peserta didik dengan tour sekolah dan penyampaian materi tentang Bullying oleh RIni Widiyanti, S.Pd. dan Ika Sugiyarti, S.Pd (duta  anti bullying SMK Negeri 1 Pracimantoro). Dilanjutkan dengan penekanan tentang manajemen sekolah bagi seluruh pendidik yang disampaikan oleh saya sendiri dan Sularto, S.Pd.,M.Pd. Kemudian, di ruang terpisah tenaga kependidikan juga mendapatkan arahan khusus dari tim manajemen administrasi Tata Usaha SMK Negeri 1 Pracimantoro. Dan tidak kalah pentingnya, kita nanti juga akan sama-sama belajar bagaimana cara rebranding sekolah dengan Sika Agusta, S.ST.Par ”. terang Putra Jaya.

0
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *