Penggunaan metode pembelajaran yang efektif sangat penting dalam pembelajaran matematika pada peserta didik kelas XI. Salah satu metode yang dapat digunakan adalah Problem Based Learning (PBL) yang berfokus pada penerapan konsep matematika dalam situasi nyata atau dalam kehidupan sehari-hari. Dalam artikel ini, kita akan membahas pembelajaran Matematika kelas XI melalui PBL pada materi keliling dan luas lingkaran.
Dengan menggunakan model PBL ini diharapkan dalam pembelajaran peserta didik lebih termotivasi daripada menggunakan model pembelajaran konvensional. Guru memilih media pembelajaran yang menarik sehingga dengan media tersebut benar-benar dapat meningkatkan pemahaman peserta didik.
Pertama-tama, dalam pembelajaran keliling dan luas lingkaran kelas XI melalui PBL, guru perlu memahami Pengetahuan Konten tentang konsep keliling dan luas lingkaran yang diajarkan. Guru harus memiliki pemahaman yang kuat tentang unsur-unsur lingkaran, rumus keliling dan luas lingkaran. Pemahaman yang mendalam akan membantu guru memilih situasi atau masalah yang sesuai dengan kurikulum yang ada.
Selanjutnya, guru harus memiliki Pengetahuan Pedagogis tentang bagaimana mengajar materi lingkaran secara efektif. Dalam PBL, guru berperan sebagai fasilitator dan pembimbing, bukan hanya sebagai pemberi informasi. Guru harus mampu merancang dan memandu peserta didik melalui tahap-tahap PBL, termasuk merumuskan masalah, merencanakan strategi solusi, mengumpulkan dan menganalisis data, serta menyimpulkan hasil. Dalam proses ini, guru juga perlu mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah peserta didik.
Kemudian, guru juga harus memiliki Pengetahuan Teknologi yang relevan. Dalam pembelajaran matematika, guru dapat memanfaatkan berbagai alat dan teknologi yang tersedia, seperti proyektor, HP, laptop. Guru harus dapat memilih dan menggunakan teknologi yang sesuai dengan konteks pembelajaran untuk membantu peserta didik dalam menyelesaikan permasalahan lingkaran dalam masalah kontekstual..
Berikut adalah langkah-langkah yang dapat diikuti dalam pembelajaran lingkaran kelas XI melalui PBL berbasis TPACK:
- Orientasi peserta didik pada masalah: Guru menyajikan masalah kontekstual yang terkait dengan konsep keliling dan luas lingkaran melalui video. Peserta didik mengamati contoh-contoh penyelesaian masalah kontekstual yang berkaitan dengan materi keliling dan luas lingkaran pada video tersebut. Guru meminta peserta didik untuk menyampaikan permasalahan apa yang ada di video. Guru memberikan kesempatan dan mendorong peserta didik untuk menanyakan materi yang belum dipahami.
- Mengorganisasikan peserta didik: Guru membagi kelompok diskusi dan meminta peserta didik duduk sesuai kelompoknya yang terdiri dari 4-5 anggota dengan kemampuan dan latar belakang yang heterogen, Guru memberikan bahan ajar berupa LKPD yang sudah disertai petunjuk pengerjaan kepada kelompok dan meminta peserta didik berkolaborasi untuk menyelesaikannya, Guru menegaskan bahwa semua anggota kelompok harus terlibat secara aktif untuk memecahkan masalah pada LKPD tersebut sehingga nanti siap untuk mempresentasikan/mengkomunikasi kan hasil diskusi.
- Membimbing penyelidikan individu dan kelompok: Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk melakukan kegiatan literasi dengan membaca bahan ajar yang diberikan untuk menambah pengetahuan tentang materi keliling dan luas lingkaran, Guru mengarahkan peserta didik dalam kelompok untuk berdiskusi dan menyelesaikan permasalahan pada LKPD, Guru berkeliling untuk memantau keterlibatan peserta didik dalam menyelesaikan permasalahan pada LKPD, memberikan bimbingan pada peserta didik yang mengalami kendala, dan juga memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya.
- Mengembangkan dan menyajikan hasil karya: Guru memberikan kesempatan kepada perwakilan kelompok untuk menyajikan hasil diskusinya di depan kelas, Guru meminta kelompok lain untuk menanggapi hasil yang telah disajikan oleh kelompok yang maju ke depan, Guru memberikan apresiasi pada kelompok yang telah mempresentasikan hasil diskusinya dan kelompok yang telah memberikan tanggapan dengan memberikan poin dan mengajak peserta didik lain untuk bertepuk tangan. Guru memberikan tanggapan dan penguatan terhadap hasil diskusi yang disajikan dan tanggapan yang diberikan oleh peserta didik.
- Menganalisa dan mengevaluasi proses pemecahan masalah: Guru mengevaluasi dan menanggapi hasil diskusi peserta didik, Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk bertanya mengenai hal-hal yang belum mereka pahami dari hasil diskusi dan penguatan yang telah diberikan.
Melalui pendekatan PBL berbasis TPACK, peserta didik tidak hanya mempelajari konsep keliling dan luas lingkaran secara teoritis, tetapi juga mengalami proses nyata. Pembelajaran menjadi lebih bermakna dan peserta didik dapat mengetahui manfaat mempelajari keliling dan luas lingkaran dalam kehidupan sehari-hari. Dengan memadukan teknologi, pedagogi, dan pengetahuan konten, pembelajaran matematika kelas XI melalui PBL dapat meningkatkan pemahaman peserta didik tentang keliling dan luas lingkaran serta keterampilan pemecahan masalah mereka secara menyeluruh.