Minggu, Januari 26
Shadow

TANTANGAN BERBAHASA INGGRIS DALAM PEMBELAJARAN FRONT OFFICE

Bahasa Inggris adalah bahasa yang sangat penting dalam pembelajaran front office, terutama karena seringkali digunakan sebagai bahasa resmi di hotel-hotel internasional. Selain itu, banyak tamu yang berasal dari luar negeri dan mungkin tidak menguasai bahasa Indonesia, sehingga penting bagi staf front office untuk dapat berbahasa Inggris dengan baik agar dapat melayani tamu dengan efektif.

Dengan menguasai bahasa Inggris, staf front office akan dapat dengan mudah berkomunikasi dengan tamu, memahami dan menjawab pertanyaan- pertanyaan yang diajukan, serta memberikan informasi yang diperlukan oleh tamu. Ini juga akan membantu dalam mengelola reservasi dan transaksi keuangan, mengelola dokumen dan menyelesaikan masalah yang mungkin terjadi selama masa menginap tamu.

Bahasa Inggris juga merupakan bahasa internasional yang sering digunakan dalam komunikasi bisnis dan profesional, sehingga menguasai bahasa Inggris akan memberikan keuntungan bagi staf front office dalam karier mereka ke depannya.

Salah satu tantangan dalam menggunakan bahasa Inggris dalam pembelajaran front office adalah bahwa banyak peserta didik mungkin tidak memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang cukup baik. Ini dapat menyulitkan bagi mereka untuk memahami materi yang disajikan dalam bahasa Inggris, terutama jika materi tersebut kompleks atau teknis. Selain itu, menggunakan bahasa Inggris dalam pembelajaran front office juga dapat menjadi tantangan bagi para peserta didik yang tidak terbiasa menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa komunikasi sehari-hari.

Untuk mengatasi tantangan ini, ada beberapa hal yang dapat dilakukan, di antaranya:

  1. Menyediakan sumber bahan ajar yang tersedia dalam bahasa Indonesia atau dalam bahasa lain yang lebih familiar bagi peserta didik.
  2. Menyediakan bantuan terjemahan atau penerjemahan materi ke dalam bahasa Indonesia atau bahasa lain yang lebih familiar bagi peserta didik.
  3. Menyediakan pelatihan bahasa Inggris sebagai bagian dari program pembelajaran, sehingga peserta didik dapat memperoleh kemampuan berbahasa Inggris yang lebih baik.
  4. Menggunakan metode pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan, seperti permainan, latihan, dan diskusi kelompok, untuk membantu peserta didik memahami materi dengan lebih baik.
  5. Memperhatikan kebutuhan individu peserta didik dan menyediakan dukungan tambahan bagi mereka yang membutuhkan bantuan lebih.
  6. Memastikan bahwa para instruktur memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik dan mampu menjelaskan materi dengan jelas dan mudah dipahami oleh peserta didik.

Tentu tidak mudah juga bagi peserta didik untuk membiasakan diri berkomunikasi dengan Bahasa Inggris, terutama pada saat melakukan praktik front office, Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan siswa mengalami kesulitan dalam menggunakan Bahasa Inggris pada mata pelajaran front office, diantaranya:

  1. Kemampuan bahasa Inggris yang masih terbatas: Banyak siswa yang memiliki kemampuan bahasa Inggris yang masih terbatas, terutama bagi mereka yang belum terbiasa menggunakan bahasa Inggris secara teratur.
  2. Kurangnya latihan: Siswa yang jarang berlatih menggunakan bahasa Inggris dalam kegiatan sehari-hari akan mengalami kesulitan dalam menggunakan bahasa Inggris pada mata pelajaran front office.
  3. Kurangnya motivasi: Siswa yang tidak memiliki motivasi yang cukup untuk belajar bahasa Inggris akan mengalami kesulitan dalam menggunakan bahasa Inggris pada mata pelajaran front office.
  4. Kurangnya dukungan: Siswa yang tidak memiliki dukungan dari guru atau orang tua dalam belajar bahasa Inggris juga dapat mengalami kesulitan dalam menggunakan bahasa Inggris pada mata pelajaran front office.
  5. Kemampuan bahasa Inggris yang masih terbatas: Banyak siswa yang memiliki kemampuan bahasa Inggris yang masih terbatas, terutama bagi mereka yang belum terbiasa menggunakan bahasa Inggris secara teratur.
  6. Kurangnya latihan: Siswa yang jarang berlatih menggunakan bahasa Inggris dalam kegiatan sehari-hari akan mengalami kesulitan dalam menggunakan bahasa Inggris pada mata pelajaran front office.
  7. Kurangnya motivasi: Siswa yang tidak memiliki motivasi yang cukup untuk belajar bahasa Inggris akan mengalami kesulitan dalam menggunakan bahasa Inggris pada mata pelajaran front office.
  8. Kurangnya dukungan: Siswa yang tidak memiliki dukungan dari guru atau orang tua dalam belajar bahasa Inggris juga dapat mengalami kesulitan dalam menggunakan bahasa Inggris pada mata pelajaran front office.

Untuk mengatasi masalah ini, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan, diantaranya:

  1. Memberikan latihan yang cukup: Siswa perlu dilatih secara teratur agar kemampuan bahasa Inggrisnya meningkat.
  2. Memberikan motivasi yang cukup: Siswa perlu diberikan motivasi yang cukup untuk belajar bahasa Inggris, seperti dengan memberikan hadiah bagi mereka yang belajar dengan baik.
  3. Memberikan dukungan yang cukup: Siswa perlu diberikan dukungan dari guru dan orang tua agar mereka merasa lebih termotivasi untuk belajar bahasa Inggris.
  4. Menggunakan metode pembelajaran yang tepat: Siswa perlu diajarkan dengan menggunakan metode pembelajaran yang tepat, seperti dengan menggunakan media visual atau permainan.

Meskipun tidak mudah untuk membiasakan diri, baik bagi guru maupun peserta didik untuk memulai berkomunikasi dengan Bahasa Inggris, tetapi kalua tidak dari sekarang, maka kapan lagi? Seperti kata pepatah bahwa practice makes perfect maka ayo kita coba dan bersama belajar.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *